Selasa, 11 Agustus 2009

Ciblek (burung)



Dahulu burung yang satu ini sangat mudah dijumpai di desa-desa. Entah disebabkan oleh apa maka saat ini populasinya sangat jauh berkurang. Prenjak atau Ciblek merupakan jenis burung yang dipelihara untuk dinikmati keindahan suaranya. Prenjak/Ciblek berasal dari suku Cisticolidae, dalam bahasa Inggris disebut winged prinia karena pada sepasang sayapnya terdapat dua garis putih.
Untuk nama ilmiah burung ini adalah Prinia familiaris horsfield , dengan panjang bisa memcapai 13 cm. Sebagaian besar badan bagian atas berwarna coklat hijau. Tenggorokan dan dada warna putih, Perut sampai dubur berwarna kekuningan dan ekornya berwarna hitam dan putih.
Paruh atas warna kehitaman, kekuningan paruh bagian bawah, paruhnya panjang dan runcing menambah cantik burung ini, serta kaki langsing untuk kelincahannya yang berwarna coklat kemerahan. Prenjak/Ciblek di kehidupan liarnya menjadikan serangga atau ulat sebagai mangsanya, dia termasuk burung dengan daya jelajah yang beragam, dari permukaan tanah sampai ranting-ranting pepohonan yang tinggi.
Wilayah penyebaran jenis burung ini meliputi Sumatra,Jawa dan Bali. Sifatnya yang mudah beradaptasi dan tidak takut pada kehidupan manusia menyebabkan populasi burung tersebut cukup tinggi pada bagian wilayah yang sesuai.



source : iniDewa.net Agen Poker Domino QQ Ceme Blackjack Online Indonesia

read more : AREAQQ.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE DAN BANDAR POKER TERPERCAYA

Related Posts

Ciblek (burung)
4/ 5
Oleh